RUTE PERJALANAN MATARAM.

Teruntuk kawan-kawanku dari Lembaga Pers Mahasiswa (LPM)  yang berniat mengikuti kongres Nasional PPMI XII di Mataram, Tapi kebingungan rute perjalanan serta ada ketakutaGambarn uang dikantong tidak cukup, ini nih, saya tulisakan beberapa pilihan moda perjalanan menuju Mataram.

Bagi kawan-kawan dari Jogja, Jawa Tengah dan Jawa Barat, naik saja kereta api Sri Tanjung yang berangkat dari Stasiun Lempuyangan (jogja) dan berhenti di stasiun Banyuwangibaru (Banyuwangi). Harga tiket kereta api inipun relative murah, Cuma Rp. 95.000. jika kawan-kawan berniat menggunakan moda transportasi ini, saya menghimbau untuk jauh-jauh memesan tiket terlebih dahulu, agar tidak kehabisan tiket. Kereta Api Sri Tanjung melintasi rute berikut : Yogyakarta (lempuyangan), Klaten, Solo, Sragen, Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo, Jember dan Banyuwangi.

Namun jika kawan-kawan memilih moda transportasi Bus, dari arah manapun turun saja di Surabaya-Terminal Bungurasih, Bagi kawan-kawan yang tidak mau ribet berganti-ganti kendaraan, Ada bus dari Surabaya yang menuju langsung Mataram, harga tiketnya kisaran Rp. 270.000 . Harga inipun diperoleh setelah melakukan tawar-menawar yang cukup alot. Beberapa wajah polos oleh kenek Bus akan dipatok 350.000, dalam posisi semacam ini kawan-kawan harus tegas. Bilang saja “Biasanya kan Cuma 270.00”. hehehe . Boleh juga dari Terminal Surabaya cari bis menuju Banyuwangi yang kabarnya hanya seharga 60.000.

Dari stasiun banyuwangibaru menuju pelabuhan Ketapang, cukup ditempuh dengan jalan kaki. Jaraknya kurang dari 500 Meter. Di Pelabuhan ketapang akan ada beberapa kenek yang menawari kita bus tujuan mataram atau denpasar, tapi menurutku temen-temen lebih baik jalan kaki saja menuju kapal. Harga tiket penyebrangan ketapang (Banyuwangi) – Gilimanuk (Bali) hanya Rp. 6. 000. Dari sini cari Bis (dianjurkan yang berukuran kecil saja) menuju (pelabuhan) padang Bai yang harganya kisaran Rp. 50.000 perorang. Sesampainya di Padang Bai persiapkan diri untuk kembali menyebrang menuju pulau Lombok, tiket penyebrangan dari padang Bai ke Lembar seharga 36.000/ orang dengan jarak tempuh sekitar 4 jam. Upayakan membeli makanan dan berbagai perbekalan lainya sebelum naik kapal, karena harga makanan dikapal sangat mahal.

dari pelabuhan lembar menuju lokasi acara sudah cukup dekat. Jika kawan-kawan datang ke mataram bersama rombongan, tak apa kiranya menghubungi panitia untuk menjemput. Tapi jika kawan-kawan tidak ingin merepotkan cukup naik angkutan yang tiketnya Cuma Rp. 4000. Murah bukan…

karena saya baik hati, saya juga akan berbagi beberapa tips untuk kawan-kawan selama perjalanan.

  1. Manfaatkan Teman.  LPM Anggota PPMI tersebar hampir diseluruh pulau Jawa, dan sepanjang perjalanan menuju Mataram. Jadi jika ada apa-apa sepanjang perjalanan, jangan sungkan untuk menghubungi kawan-kawan yang ada di wilayah tersebut. Untuk kawasan jogja ada Jarwo (0857 2947 1421), di Solo ada relix, di madiun ada Petrik (0857 9022 7335), di Surabaya Dedy (0856 4820 4657), di jember ada Sadam (0838 4770 0303) dan Bali ada Suar (0819 9982 1721). Jika kawan-kawan menemui kesulitan dalam perjalanan, hubungi saja mereka. Orang-orang ini adalah kumpulan orang-orang baik, dan pasti akan dengan senang hati membantu kawan-kawan.
  2. Berangkat Bareng-bareng. Mengingat perjalananya yang cukup jauh, akan sangat menarik jika selama perjalanan bersama teman-teman, bukan hanya kawan satu LPM atau satu dewan Kota, sms atau telpon kawan-kawan yang searah, ajak mereka berangkat bersama. Pasti akan sangat menyenangkan.
  3. Siapkan uang receh. Banyaknya transaksi yang akan kita lakukan selama perjalanan nanti, akan sangat terbantu jika membawa uang-uang pecahan kecil.
  4. Bawa Kamera (keperluan narsis), Bawa Makanan dan Minuman.
  5. Hati hati selama perjalanan dan jangan lupa berdoa. hehehehe

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s